Kisah Asal Usul Nama Kota Surabaya ( Cerita dari Jawa Timur )

,



Lambang Kota Surabaya adalah ikan hiu dan Buaya " Mengapa kedua hewan itu begetu istimewa bagi masyarakat Jawa Timur ? " Inilah ceritanya,
Dahulu kala, di lautan sering terjadi perkelahian antara buaya dan ikan hiu sura. Perkelahian mereka di picu oleh perebutan mangsa, Kedua hewan ini sama- sama kuat dan tangguh. Meskipun berkelahi berkali-kali tidak ada satu pun yang menang ataupun kalah, karena itu, akhirnya mereka mencoba mencari kesepakatan.
"Hai Buaya aku bosan, berkelahi terus seperti ini, ' kata Hiu Sura.
" Aku juga," sahut Buaya " Begini saja, kita buat kesepakatan saja kita bagi saj daerah kekuasaan kita menjadi dua, Aku sepenuhnya berkuasa  terhadap mangsa- mangsa di air. Sementara itu, kau sepenuhnya mengusai mangsa di darat. Batas antara air dan darat adalah, tempat yang di capai oleh air laut pada waktu pasang surut ...Kata Ikan Hiu Sura.
Baiklah, aku setuju, " jawab Buaya.
Sejak itu, keduanya sepakat menghormati wilayah masing - masing sehingga tidak ada perkelahian. Namun, suatu hari, Ikan Hiu Sura menyalahi Kesepakatan itu. Diam - diam, ia mencuri mangsa di sungai.
"Ketika mengetaui kecurangan Hiu Sura, Buaya sangat marah.
"Hai Sura," Kau telah melanggar kesepakatan yang kita buta bersama. Sungai adalah daerah kekuasaanku,
Siapa bilang aku melanggar kesepakatan?, Aku kan penguasa air. Sungai ini berair, jadi aku tidak salah, kata hiu Sura.
Tapi, sungai itu letaknya di darat, Sementara itu, daerah kekuasaanmu di laut," baatah Buaya geram.
"Aku tidak pernah mengatakan bahwa air hanya air laut, Sungai juga air, jadi aku berhak mencari managsa di sungai, sahut ikan Hiu Sura.
Kau benar - benar ingin mengakaliku, kalau begitu, perjanjian kita batal, kita kembali bertarung, siapa paling kuat dia menjadi penguasa tunggal, seru Buaya.
"Huh Aku tidak takut berkelahi lagi denganmu, jawab ikan Hiu Sura dengan sombongnya.
Pertarungan sengit pun terjadi lagi, kali ini, lebih dahsyat diripada sebelumnya. Mereka saling pukul dan saling gigit. Air sungai sampai berwarna merah karena darah yang keluar dari luka-luka mereka.
Ikan Hiu Sura berhasil menggigit panagkal ekor kanan  Buaya sehingga ekor Buaya selalu membelok ke arah, kanan , " Sementara itu, Buaya berhasil menggigit ekor Ikan Hiu Sura sehingga hampir putus. Akhirnya, Ikan Hiu Sura kembali ke laut dan tidak kembali lagi.
Pertarungan kedua hewan ini menginspirasikan masyarakat Jawa Timur untuk menggunakan keduanya sebagai lambang kota Surabaya, Sura berasal dari kata ikan Hiu dan Baya berasal dari kata Buaya.

 
KEMBALI KE CERITA DARI JAWA TIMUR