Kisah Bulalo Lo Limotu ( Cerita dari Gorontalo )

,



Pada zaman dahulu, di Limbato, ada sebuah mata air bernama Tupala.Konon mata air tersebut biasa di pakai mandi atau sekadar bermain air oleh para bidadari dari Khayangan. 
Suatu saat, seorang pemuda tampan dari khayangan turun ke bumi.Pemuda in bernama Jilumoto , menjelma menjadi manusia biasa. Jilumoto berhasil menyembunyikan sayap milik ( bidadari ) tertua berama Mbu'i Bungale. Mereka saling jatuh cinta dan akhirnya menjadi menikah. Mereka membangun rumah dan berkebun di bukit yang dinamakan Huntu La Tiopo atau Bukit Kapas. 

Pada suatu hari, Mbu'I Bungale mendapat mustika yang besarnya sebesar telur itik, Mustika ini disebut Bimelula. Kemudian, Mbu'I Bungale menyimpan Bimelula di Tupala dengan menutupnya dengan sebuah Tolu ( tudung ).
Datanglah empat orang pengembara di Tupalo. Ketika sedang mandi, mereka menemukan talu terapung di atas air. Ketika mereka mendekati dan mengangkat tolu itu, seketika juga terjadi angin topan dasyat dan hujan deras. Ke empat pengembara tersebut segera pergi berlindung. Saat angin topan dan hujan berhenti, mereka kembali ke mata air tersebut.

Tidak lama kemudian,Mbu;I Bungale dan Jilumeto datang untuk mengambil Bimelula Namun, keempat pengembara ini menghadangnya, Mereka pun berdebat tentang siapa pemilik Bimelula dan siapa penguasa Tupalo.
Akhirnya Mbu;I Bungale berkata," Baiklah, kalau benar kalian merasa sebagai penguasa Tupala, coba kalian perluas mata air ini menjadi sebuah danau."
Ke empat pengembara  menyanggupinya. Mereka pun berupaya sekuat tenaga untuk memperluas Tupalo dalam waktu sekejap. Namun, mereka tidak berhasil. Pemimpin mereka pun menghampiri Mbu'I Bungale

" Kalau kau benar penguasa Tupale, sekarang giliranmu melakukannya," Kata pengembara itu.
Mbu'I Bungale merapatkan kedua tangannya, lalu berteriak agar mata air melebar dan meninggi, Tiba-tiba Tupale pun melebar dan airnya meninggi. Mbu'I Bungale dan suaminya telah berpisah ke atas pohon. Keempat pengembara itu memohon ampun kepada Mbu'I Bungale.

Tak lama kemudian, Bimelula menetas Lalu, muncullah gadis kecil yang cantik jelita yang kemudian di beri nama Tilange la Hulolo. Nama ini mengandung arti cahaya bulan.
Ketika dalam perjalanan pulang ke rumah, Mbu'I Bungale menemukan lima buah jeruk terapung di danau. Aroma jeruk tersebut sangatlah harum.

Jeruk ini aromanya seperti aroma jeruk Khayangan, Kata Mbu'I Bugale pada suaminya lalu, mereka menamai danau tersebut menjadi Bulalo Lo Limo U Tutu yang artinya .danau dari jeruk yang berasal dari khayangan Kini, danau tersebut di kenal sebagai Bulalo Lo Limutu.

Kemudian hari, Tilango Lo Hulalo di nobatkan mnjadi raja Limboto.


BACK KE  CERITA DARI GORONTALO