Angin

,



Ibnu'Abbas SWT berkata, " Allah SWT telah menciptakan empat angin, yaitu angin Selatan, angin Utasa, angin Timur dan angin Barat." Ada juga yang mengatakan bahwa ingin itu ada delapan macam, empat di antaranya terdapat pada empat penjuru arah dan empat yang lainya di namai " al - Nurkahaa''' karena menyimpang dari empat arah tadi.
Angin Selatan membawa awan. Menurut suatu riwayat Allah SWT, menciptakan kilat dari angin ini dan riwayat lain menyebutkan bahwa angin selatan adalah rajanya angin.

Adapun angin Utara berasal dari arah utara, ia berhembus dari ujung kutub. Angin ini bersifat dingin dan kering dan ada yang menyebutnya sebagai angin Selatan. 
Sedangkan angin' Timur di sebut juga sebagai " Qabuul " ( angin kemakmuran ), ia berasal dari penjuru timur. Apabila angin ini bertiup mengenai badan yang sedang sakit, ia akan menyegarkan dan bisa meringkan kesedihan seseorang yang susah. Angin ini bertiup menjelang subuh.

Adapun angin Barat disebut juga sebagai angin topan, angin ribut dan '''Aqiim " ( angin ketidaksuburan ). yaitu, angin angin yang bisa menghancurkan bangunan dan menerbangkan air. Di sebut " Aqiim " karena angin ini tidak membuahkan dan menghasilkan, sebagaimana halnya perempuan yang tidak bisa melahirkan di sebut pula "" Aqiim " ( mandul )




Rasulullah SAW bersabda," Aku do tolong oleh Angin Timur sedangkan kaun' Aad di binasakan oleh angin Barat." Allah SWT, telah menciptakan peyertaan angin barat dengan " Angin, angin selatan dengan angin utara. Dia juga telah menetapkan waktu bagi angin - angin tersebut yang tidak boleh di langgar. Apabila Allah SWT berkehendak utuk mangadzab suatu kaum. Dia memisahkan angin' Aqiim dari angin barat lalu mengirimnya kepada siapa saja yang Dia kehendaki dari para hamba Nya.
 
KEMBALI KE KISAH PARA RASUL