Penciptaan ' Arsy

,



Ibnu Abu Hatim meriwatkan dalam tafsirnya," Bahwa Allah SAW, menciptakan " Arsy :" dari nur-Nya dan kursi singgasananya-Nya menempel pada 'Arsy tersebut.Disekitarnya terdapat empat sungai. Satu sungai terbuat dari cahaya yang berkilau, satu sungai terbuat dari api yang menyalah, satu sungai terbuat dari salju yang putih dan satu sungai yang lainya terbuat dari air. Ada beberapa malaikat menjaga sungai tersebut dan mereka membaca tasbih,"

Beliau meriwayatkan pula," Alla SWT, menciptakan 'Arsy dari jamrud berwarna hijau kemudian Dia menciptkan bagi jamrud itu empat kaki penopang yang terbuat dari permata merah. Jarak setiap kaki ke kaki lainya adalah sejauh delapan puluh ribu tahun, begitu pula luasnya," Arsy ini bentuknya seperti tempat tidur. Kaki kaki penopang itu di pikul oleh 8 malaikat. Ia bagaikan kubah yang berada di atas malaikat dan alam.

Di riwayatkan dari Abu hatim dari Nabi SAW, beliau berkata bahwa beliau bersabda, " Pada mulanya," Arsy berada di atas air.Ketika Allah SWT menciptakan langit. Dia jadikan , " Arsy tersebut berada di atas tujuh langit kemudian menjadikan awan sebagai penyaring air hujan. Tanpa itu semua bumi bisa tenggelam. Ada yang menyatakan bahwa ketingian awan dari bumi adalah 12 mil.

Ikrimah berkata," Bahwa Allah SWT menurunkan hujan dari langit dengan tetesan sebesar unta, seandainya tidak ada awan dan angin yang memisah - misahkan tetesan tersebut niscaya seluruh yang ada di atas permukaan bumi yang berupa tumbuhan dan binatang ternak akan binasa," Allah SWT telah berfirman
Artinya :
" Dan Dia-lah yang menciptkan angin sebagai pembawa berita gembira,... " ( QS, Al-A'raaf (7) : 57 )

 KEMBALI KE KISAH PARA RASUL