Kisah Asal Mula Pulau Belumbak ( Cerita dari Kalimantan Barat )

,



Pada zaman dahulu,di antara kota Tayan dan Sanggau, Pulau Kalimantan ada sebuah kota yang tidak begitu, luas, tetapi penduduknya cukup banyak.
Di kota itu hiduplah seorang ibu miskin dengan dua anak laki - lakinya. Suatu hari Kedua anak itu ingin pergi meranatu untuk mengubah nasib mereka Kedua anak itu, menitipkan dua ekor ayam jantan yang selama ini mereka pelihara kepada sang Ibu, 
Sang Ibu yang sudah sedih membekali mereka dengan makanan. Ia mendoakan agar mereka selamat dan berhasil di negeri orang.
Bertahun - tahun kemudian, kedua anak laki itu kembali ke kampung halamanya di kalimantan Barat.
Mereka telah berhasil dan mempunyai istri yang cantik. Dengan dua kapal, mereka menyusuri Sungai Kapuas dan sampailah di daerha Sanggau dari berlabuh di tengah Sungai Kapuas.
Sang Ibu yang sudah tua sangat bahagia mendengar kabar kedua putranyta telah Kembali. Dengan susah payah ia datang ke dermaga membawa ubi rebus dan dua ekor ayam jantan milik putra-putranya.
Ia mendatangi kapal si sulung dan segera memeluk anaknya itu, Namun si sulung malah membentaknya dan menyuruh pergi.
"Aku ibumu, Nak," kata sang ibu, Lihatlah ayam jantan milikmu itu  masih ibu pelihara, Jelas sang Ibu.
Si sulung malu kepada istri dan orang-orang di sekitarnya Ia menendang perempuan itu. Si Ibu menangis dan mendatangi kapal anaknya yang satu lagi , Namun si Bungsu juga membentaknya dan mendorong hingga ia terjatuh.
Perempuan tua itu menangis dan pulang kerumah, " Oh Tuhan betapa Durhakanya anak-anakku, Apakah benar mereka anakku ?' Jika benar mereka anakku yang Kususui Pada saat mereka bayi, timpakanlah atas mereka," ucap perempuan itu dengan berurai air mata.
Tak lama kemudian angin berembus sangat kencang dan awan hitam menebal.
Langit menjadi gelap dan petir menyambar lalu, datanaglah angin puting beliung yang menerpa kedua kapal milik kedua bersaudara itu. Tiap -tiap kapal patah  berkeping - keping  sehingga kapal tersebut tenggelam.
Sebelum tenggelam, Kedua saudara itu sempat berteriak minta ampun pada Ibunya tetapi semua sudah terlambat.
Beberapa tahun kemudian, di tempat kapal - kapal itu tenggelam muncullah dua buah pualu yang bentuknya sperti kapal yang sedang berlomba. Kedua pulau yang letaknya sejajar itu berada di tengah Sungai kapuas. penduduk sekitar menamakanya Pulau Belumbak atau Pulau Berlomba.

 KEMBALI KE CERITA DARI KALIMANTAN BARAT