Kisah Raksasa dan Timun Mas ( cerita dari Jawa Tengah )

,



Di suatu daerah di Jawa Tengah, hiduplah seoraang perempuan. Suaminya telah lama meninggal dunia, Ibu ini sangat ingin mempunyai anak, Suatu hari, ibu ini di beri benih mentimun oleh raksasa sakti. Dengan ajaib mentimun itu, tumbuh dengan cepat dan langsung berbuah. Buahnya berwarna keemasan, Saat mentimun itu di belah, di dalamnya, ada bayi perempuan yang mungil dan cantik. Anak itu di beri nama Timun Mas, Sang Raksana mengigatkan, bahwa pada usia 17 tahun, anak itu harus di serahkan kepadanya.
Ketika Timun Mas berusia 17 Tahun, ibunya teringat atas janjinya pada sang raksasa, Lalu, ia menceritakan hal tersebut kepada Timun Mas. Sang Raksasa mengingatkan bahwa pada usia 17 tahun, anak itu harus di serahkan kepadanya.
" Percayalah, Tuhan MahaKuasa akan menolong kita dengan ke ajaiban - keajaibannya. Dia akan mendengar doa kita, Bu' Kata Timun Mas.
Lalu, tibalah hari sang Raksasa datang menjemput Timun Mas. Ibunya menangis tersedu-sedu. Mereka berdua sangat sedih karena harus berpisah.
Tiba-tiba, datanglah tujuh ekor bidadari cantik. Mereka memberi Timun Mas tiga buah benda, yaitu biji timun ajaib, jarum ajaib dan garam.
" Ketiga benda ini akan sangat berguna buatmu jika kau di kejar oleh raksasa itu," kata bidadari cantik itu."
Keesokan harinya, Raksasa itu datang untuk menjemput Timun Mas. Timun Mas lari dan bersembunyi di hutan.
Dengan kesaktianya, raksasa itu hampir berhasil mengejar Timun Mas, Jarak mereka semakin dekat, Matahari yang sangat terik menyebabkan raksasa itu kehausan. Timun Mas menaburkan biji timun ajaib dan terbentanglah kebun timun yang berbuah lebat. Raksasa berhenti untuk makan buah timun hingga kekenyangan sehingga ia tidak bisa berlari cepat, Saat sadar, ia mengejar Timun Mas lagi.
Timun Mas menebarkan jarum kemudian berubah menjadi hutan bambu. Sang Raksasa kesulitan mengejar Timun Mas. Setelah berhasil keluar dari hutan bambu itu, ia kembali mengejar Timun Mas, Timun Mas ketakutan, tetapi ia segera menaburkan garam, Lalu, terbentanglah laut di belakangnya, Raksasa itu tenggelam di telan air laut dan mati.
Dalam perjalanan kembali ke rumah, Timun Mas bertemu dengan seorang pangeran tampan, Sang Pangeran jatuh cinta pada Timun Mas dan akhiryna, ia melamar Timun Mas untuk menjadi istrinya.
Timun Mas dan ibunya di bawa ke istana dan hidup berbahagia sampai akhir hayatnya.

KEMBALI KE CERITA JAWA TENGAH