Kisah Putri Ikan Dan Danau Toba ( Cerita dari Sumatra Utara )

,



Danau Toba merupakan danau yang besar yang terletak di Sumatra Utara, Di tengah danau, ada sebuah pulau bernama Pulau Samosir. Alkisah, di Tapanuli Utara, hiduplah seoarang petani miskin yang sangat rajin bekerja. Ia Juga sering  memancing guna mencari lauk untuk makan.

Pada suatu hari, ia memancing ke sungai, Sampai sore, ia belum mendapatkan ikan Namun, ia tetap sabar, Tiba - tiba, kailnya bergerak. Ia sangat gembira karena teryata ada ikan besar yang tersangkut. Ikan itu mempunyai sisik yang sangat indah berwarna keemasan.

Petani yang baik, jangan bunuh aku, Tolong kasihini aku dan kembaliakan aku ke air,...
Petani itu sangat kaget, tetapi ia berjanji tidak membunuh ikan itu, lalu, iakn itu berubah wujud menjadi seorang putri yang cantik.
Sebagai balas budiku padamu, aku bersedia menikah denganmu, kata putri itu, sang petani itu sangat senang.
Tapi, aku punya satu syarat, petani yang baik, kata sang putri jelmaan ikan itu , jika kelak kita di karuniai anak, aku tak ingin ia tahu bahwa ia adalah anak jelmaan seeokor ikan.

Aku berjanji untuk tidak mengatakan hal itu kepada keturunan kita," jawab sang Petani.
Akhirnya mereka menikah lalu, mereka pun di karuniai seorang  anak laki-laki. Anak itu sangat suka makan. Ia bisa makan berkali - kali dan dalam jumlah yang besar. Ia juga sering memakan makanan yang di sediakan untuk ayahnya.

Pada suatu hari, si anak membawakan rantang untuk ayahnya yang sedang berkerja di sawah namun, teryata isi rantang itu di makan sang anak di perjalanan. 
Sang petani yang kelaparan dan kekelelahan itu sangat marah kepada anaknya.
Dasar anak ikan, ucapnya tanpa ia sadari


Anak laki - lakinya terkejut, lalu lari pulang ke rumah.
Di rumah ia menemui ibunya, Ibu' tadi Ayah marah karena makanannya aku makan, lalu ia bilang aku anak ikan. Benarkan aku anak seekor ikan Bu?

Ibunya sangat sedih mendengarnya , Teryata suaminya telah melanggar janji,Ia mengajak anaknya pergi, Mereka menghilang secara goib. Di tanah tempat mereka terakhir berdiri. keluarlah mata air yang semakin lama tempat mereka terakhir berdiri. keluarlah mata air yang semakin lama semakin deras, Mata air itu kemudian membentuk danau yang sangat luas. Danau itu di namakan Danau Toba.