Kisah Hantu Di Gunung Wanggameti ( Cerita dari Nusa Tenggara Timur )

,



Gunung Wanggameti adlah sebuah gunung tinggi di pulau Sumba. Gunung ini menjadi sumber air bagi penduduk di sekitarnya dan kaya akan Ke aneka ragaman hayati. Penduduk desa yang terletak di tepi gunung itu mempunyai mata pencaharian sebagai peternak dan petani.Hidup mereka tenteram dan damai.
Sayangnya di antara penduduk itu, ada orang-orang yang suka merusak lingkungan demi kepentingan pribadi. Mereka adalah penebang - penebang hutan liar yang suka merusak lingkungan hutan dengan membakar dan melakukan penebangan pohon secara sembarangan. Hutan menjadi rusak dan banyak binatang hutan yang pergi meninggalkan Gunung Wanggameti.
Di Dalam hutan, hiduplah seekor burung berwarna putih bernama Kullu Kanuhu, bulu ekornya menjuntai panjang dan ia tampak sangat gagah.
Kullu Kanuhu sangat marah dengan perilaku para penebang pohon liar itu lalu, ia mempunyai ide untuk menghentikan mereka . Setiap malam ketika para penebang mulai bekerja ia mengeluarkan suara seperti hantu.
Whuuuuuuuuuuuuuuuuuu.....whuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuuu" Ia melolong,Para penebang pohon itu lari ketakutan , Berulang kali ini terjadi lalu, mereka menceritakan kisah tentang hantu yang ada di Gunung Wanggameti, sehingga cerita itu semakin meluas, Tak ada lagi yang berani menebang pohon di gunung itu.
Namun seorang penduduk yang merasa penasaran dengan kebenaran cerita itu . Ia pun pergi ke hutan tanpa membawa alat-alat menebang. Ia berjalan - jalan di hutan, tapi tak mendengar suara hantu itu.
"Hai hantu, keluarlah, tunukkkan wujudmu, teriak pemuda itu tanpa takut.

Tak lama kemudian, Kullu Kahunu menampakkan dirinya dan mulai melolong seperti hantu.
Pemuda itu sangat herean," Kenapa kau berbuat seperti itu, dan menakuti masyarakat ?
Kullu Kanuhu menceritakan alasanya, Ia meminta pemuda itu untuk menyampaikan kepada penduduk bahwa mereka dapat menebang hutan seperlunya saja dan tidak membabi buta sehinmgga merusak lingkungan.

Jika mereka taat, aku tak akan menakuti mereka lagi, janji Kullu Kanuhu
Si pemuda pun kembali ke desa dan menceritakan Kisah yang ia alami, termasuk pesan Kullu Kanuhu. kepada penduduk, Para penduduk pun sadar kesalahan mereka. Sejak saat itu, mereka hanya menebang pohon seperlunya. Mereka pun hidup damai dan tenteram

KEMBALI KE CERITA DARI NUSA TENGGARA TIMUR